Rabu, 10 Februari 2010

Pentingnya Membangun Media Pembelajaran Yang Interaktif

Pada masa sekarang ini ketika perkembangan teknologi informasi semakin pesat, turut memberikan dampak yang positip dalam dunia pendidikan. Hal ini tentunya sangat menggembirakan karena diharapkan mampu memberikan kontribusi peningkatan motivasi belajar dan pencapaian prestasi yang diharapkan oleh peserta ajar.
Banyak instansi / lembaga pendidikan yang telah menggunakan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, seperti membangun infrastruktur hardware, jaringan internet, pengadaan software, dan sebagainya.Satu hal yang perlu diingat adalah masalah pengembangan kontennya sendiri. Padahal kegiatan inilah yang sebenarnya memerlukan kerja keras dan waktu yang sangat lama karena berhubungan dengan pembentukan behavior dan kreatifitas sumber daya manusia. Seorang pengajar adalah ibarat jantung yang memompa transformasi knowledge ke seluruh peserta ajar. Oleh karena itu pengajar harus memiliki kemampuan dan kreatifitas  mengembangkan konten media presentasi dan pembelajaran yang menarik, interaktif dan sesuai dengan  kurikulum.
Hal tersebut mempunyai beberapa tujuan antara lain :

  1. Sebagai bahan persiapan agar pengajar dalam membuat konten media presentasi bersifat pembelajaran interaktif berbasis pada teknologi informasi.
  2. Membuat komunitas pembelajaran, terutama bagi setiap orang yang tertarik dengan media pembelajaran berbasis TIK dapat saling belajar, berbagai pengetahuan dan mempublikasikannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan yang  lain.

2 komentar:

  1. Saya setuju dengan artikel diatas. Media pembelajaran yang efektif diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan peserta didik

    BalasHapus
  2. Tetapi itu saja saya rasa belum mencukupi mengingat banyak peserta didik yang kurang menyadari pentingnya waktu belajar dan cenderung meremehkan waktu belajar baik di tempat belajar (sekolah/kampus) maupun saat di rumah.

    BalasHapus